Kegagalanmu Bukan Karena Guru Yang Nggak Enak Ngajarnya, Dik!


Jadi ceritanya begini, beberapa kali aku ngajar privat anak-anak SMA. Setiap aku Tanya kenapa mereka tidak bisa mengerjakan soal, jawabannya hampir selalu “gurunya tidak enak mbak”. Nih berikut definisi guru yang nggak enak versi mereka
1.   Guru yang terlalu santai dengan soal, sehingga bikin murid tidak terpacu untuk belajar
2.   Guru galak bikin murid makin malas belajar, boro-boro belajar, dengerin aja gua malas!
3.   Guru yang hobi ngasi’ soal seabrek tanpa menjelaskan materinya terlebih dahulu
4.   Guru yang sudah terlanjur su’udzon sama si murid, bikin si murid berpikir “sebaik apapun aku, pasti salah di mata guru. Ya sudahlah aku nyerah

Setelah itu aku jadi berpikir “eh gak kebayang kalau semua murid berpikir begitu! Gak bakalan maju ni negeri! Iya nggak sih?”

Yaiyalah! Okeh oke adek-adek SMA ataupun SMP, yang walaupun labil tapi sudah bisa diajak berpikir pelan-pelan.. faktor penentu dalam pendidikan salah satunya itu emang guru, tapi adek-adekku sayang, perlu diingat kembali, penentu utama keberhasilan dirimu itu adalah DIRIMU SENDIRI! YOUR SELF! Yang lain ntu Cuma pendukung biasa aja. Dan, dalam kehidupan nyata, hanya sedikit orang bersikap sesuai yang kita harapkan, hanya sedikit alat dan keadaan saja yang berfungsi baik seperti yang kita harapkan. Jadi kesimpulannye, kalau kita bergantung pada sikap orang lain, alat yang sedang kita miliki, ataupun keadaan yang kita jalani, ya hidup kita bakalan gagal terus sayang. Kenapa? karena guru yang enak ngajarnya itu Cuma sedikit! Alat yang kita milikipun terbatas tas! Apalagi keadaan yang selalu bikin Galau!

Keberhasilanmu bukan tentang bagaimana orang lain bersikap padamu, seberapa canggih alat yang kamu miliki, seberapa kondusif keadaan yang kamu jalani sekarang, tapi lebih tentang bagaimana KAMU MENYIKAPI semua itu!

Sekarang, Coba deh berpikirnya dibalik jadi gini

1.   Guru terlalu santai, asyik nih aku jadi rileks belajarnya. Jadi aku bisa lebih punya banyak waktu buat gaspol belajar matapelajaran yang gurunya super disiplin! (Nah, oke tuh!)
2.   Guru galak, nah ininih yang mantap buat menendang rasa malas aku. Jadi aku bisa kepaksa belajar keras! (yuhuuu..)
3.   Guru nggak suka jelasin, ini artinya aku kudu lebih mandiri! Udah gede gini masak masih mau disuapin tok sama guru. Guru kan Cuma fasilitator toh? Malah asyik, aku jadi erat silaturrahminya sama teman sekelas, gegara aktif belajar kelompok. (Mantap jaya dah!)
4.   Guru su’udzon, ah aku jadi semakin semangat untuk menghapus image jelek di mata ntuh guru! Aku akan berusaha untuk membuktikan kalau aku gak seburuk yang dipikirkan! Ganbatte! (Ah caem dah!)

Bagaimana? Lebih asyik kan kalau berpikir begitu? Lagian nih ya adek-adekku sayang, walaupun kamu mau nyalahin gurumu yang inilah yang itulah sehingga kamu nggak faham-faham sama materi pelajarannya, itu gak akan ada gunanye buat kamu! Dosa, iya! Kualat, mungkin! Logis nggak? Ya logis lah.. ( hihi )

          Gini gini adek-adek, dengan menyalahkan gurumu, kamu jadi faham nggak? Kamu jadi berprestasi nggak? Nggak kan? Yang ada Cuma bikin item hatimu, lalu dadah good by deh sama keberhasilan! Inget inget! Guru itu pahlawan tanpa tanda jasa! Kamu tau ndak kenapa banyak orang berpendidikan hidupnya menderita? Nggak sukses? Bisa jadi nih ya, gegara suka jelekin gurunya baik di depan maupun di belakang gurunya! Ilmunya jadi nggak berkah gegara Allah kagak rela! Pada akhirnya ilmunya nggak bantu apa2. Kasian. Mau hidupmu berakhir kayak gitu? Na’udzubillah ya.

          Apa aku harus pintar dalam pelajaran mbak? ya gak harus sih, indikator keberhasilan hidup itu bukan Cuma kamu faham semua materi pelajaran sekolah, tapi bagaimana nanti kamu bisa bermanfaat buat orang lain. Silahkan ambil banyak jalan, kalau tidak terlalu suka belajar pelajaran sekolah, kamu boleh fokus sama hal lain seperti melukis, menulis, berbisnis, atau apalah. TETAPI! Jangan jadikan itu alasan buat kamu malas dengerin penjelasan guru terus bilang “gurunya nggak enak ih!”

           Nggak suka sama matapelajarannya boleh boleh aja say, tapi menghormati orang lain dengan mendengarkan guru saat menjelaskan dan menjaga lisan dari berbicara jelek tentang guru itu WAJIB!

          Gimana kalau aku nggak suka, aku jadi nggak bisa ngerjain soal, terus guruku marah-marah mba?

          Ih adeknya bikin gemes deh! Kamu boleh ahli dalam bidang di luar sekolah, tapi bukan berarti kamu boleh gak berusaha mengerti pelajarannya. karena belajar itu juga merupakan kewajibanmu sebagai murid, harus lulus UAN pula! Sesulit-sulitnya pelajaran, pasti nggak semuanya itu sulit! Kalau nggak mau berusaha belajar gegara alasan nggak suka, ya mending nggak usah sekolah aja dek! (maaf ya ini agak keras, piss)

          Udaaah. Intinya sayongs, suka bikin alesan ini itu nggak ada gunanya buat masa depanmu, apalagi nyalah-nyalahin orang lain, apalagi guru yang disalahi, bisa kuwalat. Suer!

          Masalah guru kagak enak ngajarnya, maklumi ajalah, karena manusia emang nggak ada yang sempurna, udah syukur dek beliau mau ngajar kamu. Nggak usah berharap lebih sama guru. Sebaliknya, perbaikilah sikapmu. Bergantunglah pada dirimu sendiri sampai kamu hanya berharap sama tuhanmu saja. Nge-fight gitu loo.. 

          Malas? Yeah.. jangan ngomong deh..

          Sekian ceramah panjang kali ini! Semoga bermanfaat, good luck adek-adekku sayaaaangs..

1 komentar: